Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang

Investasi saham adalah salah satu instrumen yang memang cukup banyak disukai oleh para investor. Hal ini dikarenakan potensi nilai imbal hasilnya yang cukup besar. Namun, melakukan investasi dalam jangka panjang memang tak semudah membalikkan telapak tangan saja. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan karena risikonya yang bisa dibilang tinggi. Nah, untuk kalian yang mau memulai investasi jangka panjang, di bawah ini ada beberapa tips untuk kalian.

1.Dollar Cost Averaging

Dollar Cost Averaging

Selain analisa yang mendalam, investasi saham jangka panjang juga butuh strategi yang tepat. Nah kalian bisa gunakan strategi ini, penerapannya adalah dengan berinvestasi rutin di periode tertentu, misal tiap bulan. Besar jumlahnya juga harus stabil dan sama tanpa memperhatikan berapa harga saham di pasaran saat itu.

2.Teliti Market Cap

Teliti Market Cap

Kalian bisa mulai investasi di saham dengan cara menganalisa lebih dulu market cap dari suatu perusahaan dengan teliti. Dengan kapitalisasi pasarnya kalian akan bisa menemukan indikasi tentang berapa besar ukuran perusahaan itu. Begitu pula dengan besaran persentase pemegang sahamnya. Perusahaan yang punya nilai kapitalisasi yang besar biasanya merupakan perusahaan bonafide yang sehat atau perusahaan yang ada di bawah naungan negara atau BUMN. Karena, bisanya pendapatan mereka cenderung besar nilainya dan stabil. Apalagi, ada pendanaan dari investor.

3.Belajar Analisa Fundamental dan Teknikal

Belajar Analisa Fundamental dan Teknikal

Kalau sudah mulain invest, suatu hari pasti kalian harus belajar menganalisa saham itu juga. Hal ini dilakukan biar kita gak salah memilih saham dan bisa meminimalisir kerugian di kemudian hari. Untuk analisa saham sendiri ada 2 jenis yang dipakai yaitu fundamental dan teknikal. Analisa fundamental adalah belajar kelayakan dari perusahaan sedangkan teknikal digunakan untuk memprediksi harga saham di pasaran.

4.Mulai Segera

Mulai Segera

Jangan pernah ragu untuk investasi jangka panjang. Karena, lebih cepat maka lebih baik. Apalagi saat dana darurat sudah terpenuhi serta kalia sudah punya uang dingin yang belum dipakai. Untuk memulainya juga tak perlu memakai modal besar terlebih dulu. Sebaiknya kalian mulai dengan berpapaun uang dingin yang kalian punya. Artinya, uang itu digunakan tidak dalam waktu dekat dan tak termasuk dana darurat.

5.Lihat Pendapatan dan Laba nya

Lihat Pendapatan dan Laba nya

Kalian juga harus teliti dengan tren pendapatan atau laba dari perusahaan itu. Untuk labanya, biasanya yang dilihat adalah laba setahun dan di tahun berjalan, termasuk laporan laba rugi untuk dibandingkan. Dari sana, kalian bisa menemukan bagaimana tren pertumbuhan yang perusahaan itu punya. Data ini juga nanti akan kalian butuhkan untuk menganalisa fundamental. Dengan melihat pendapatan serta laba perusahaan, kalian juga akan punya gambaran perusahaan yang bagus untuk investasi saham.

Itulah beberapa tips untuk kalian yang mau investasi jangka panjang. Semoga bermanfaat.

Tips Memilih Saham Untuk Jangka Panjang