Tips Memilih Sekuritas Saham

Pasar modal memang akhir – akhir ini main viral, bermain saham sekarang juga sudah dilakukan oleh banyak orang, mulai dari artis sampai orang biasa. Tapi, sebelum ikut main saham ada satu hal dasar yang harus kalian tau, yaitu memilih perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas sendiri merupakan perusahaan yang sudah mendapatkan izin usaha dari OJK untuk melakukan kegiatan usaha sebagai perantara pedagang efek, dan lain – lain. Tugas perusahaan sekuritas sendiri adalah untuk menjadi perantara transaksi di antara investor dan juga pasar modal. Sekuritas juga nantinya akan memberi rekomendasi saham mana yang harus dibeli. Nah, untuk memilih sekuritas saham juga harus hati – hati, ini tips nya.

1.Biaya Transaksi

Biaya Transaksi

Transaksi saham memang butuh biaya sedikit. Tiap transaksi jual serta beli akan ada komisi yang disetorkan ke perusahaan sekuritas. Nilainya juga beda – beda mulai dari 0,15% untuk transaksi beli, hingga 0,25% dari transaksi jual. Kalian harus pintar – pintar membandingkan antara perusahaan sekuritas satu dan lainnya. Pastikan pula kalian memilih biaya transaksi yang ringan atau kecil supaya lebih maksimal untungnya.

2.Resmi

Resmi

Pastikan sekuritas yang kalian pilih merupakan perusahaan legal yang tercatat secara resmi pada Bursa Efek Indonesia. Kalian bisa mengeceknya langsung di website resmi idx.

3.Perhatikan Setoran Awal

Perhatikan Setoran Awal

Nanti saat membuka rekening, kalian harus lakukan dulu setoran awal untuk membuka rekening dana nasabah atau RDN di perusahaan sekuritas. Besarnya tiap perusahaan juga berbeda, kalian bisa sesuaikan deposit awal dengan alokasi dana yang mau dijadikan sebagai modal invest. Sekarang ini besarnya setoran awal cukup bervariasi mulai dari ratusan ribu sampai jutaan loh.

4.Analisis

Analisis

Analis yang kompeten juga cukup penting bagi kalian yang mau mengelola harta kalian ke sebuah sekuritas. Riset analis sudah pasti jadi penentu dari keberhasilan investor dalam berinvestasi saham. Cara termudah adalah dengan minta rekomendasi dari teman yang sudah memakai perusaahan sekuritas tertentu. Selain itu, kalian juga bisa cek hasilnya yang analis tersebut lakukan karena biasanya muncul di berita – berita.

5.Nama Bersih

Nama Bersih

Kalian juga harus menelusuri rekam jejak dari perusahaan sekuritas yang kalian pilih. Cara termudahnya adalah dengan memasukkan kata kunci “Kasus sekuritas” atau kasus pasar modal. Sesudah itu nantinya kalian akan bisa membuat catatan dan bisa melihat perusahaan sekuritas mana yang catatannya buruk. Kalau sudah begitu, maka kalian akan lebih mudah menghindarinya. Kalian juga bisa mencari dengan memakai kata kunci kasus perusahaan sekuritas yang mau kalian ketahui.

Itulah berbagai tips untuk melakukan investasi dengan memilih sekuritas yang terpercaya terlebih dulu. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang mau mulai berinvestasi saham.

Tips Memilih Sekuritas Saham